JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Perkembangan jaman dan iptek yang sangat masif membawa dampak yang positif dan negatif bagi generasi muda, tidak terkecuali bagi siswa-siswi SMK PGRI 06 Malang. Bagi yang dapat mengambil sisi positif dari perkembangan iptek, tidak akan membawa dampak signifikan atau hal negatif bagi kehidupan sehari-harinya. Namun bagi siswa yang kurang dapat menahan atau terbawa dampak negatifnya, maka akan memunculkan permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar, dan pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK PGRI 06 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah 147 siswa kelas XII, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan demikian, sampel yang diambil merupakan total siswa yang mendapat mata pelajaran Kewirausahaan sebanyak 105 siswa dengan menggunakan acuan yaitu mengambil sampel dari kelas yang mendapat mata pelajaran Kewirausahaan. Hasil analisa yang didapat dengan menggunakan teknik analisa regresi berganda y=37,436+3,162 X1+8,002 X2. Berdasarkan t hitung, konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 3,176 dengan signifikansi t sebesar 0,02. Sedangkan t hitung kepercayaan diri 6,413 dengan signifikansi t 0,00. Hasil signifikansi dari X1 dan X2 sama-sama dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2, baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap Y

Keyword

Konsep Diri, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak