Perkembangan
jaman dan iptek yang sangat masif membawa dampak yang positif dan negatif bagi
generasi muda, tidak terkecuali bagi siswa-siswi SMK PGRI 06 Malang. Bagi yang
dapat mengambil sisi positif dari perkembangan iptek, tidak akan membawa dampak
signifikan atau hal negatif bagi kehidupan sehari-harinya. Namun bagi siswa
yang kurang dapat menahan atau terbawa dampak negatifnya, maka akan memunculkan
permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep
diri terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi
belajar, dan pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK PGRI 06 Malang. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah 147 siswa kelas
XII, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan demikian,
sampel yang diambil merupakan total siswa yang mendapat mata pelajaran Kewirausahaan
sebanyak 105 siswa dengan menggunakan acuan yaitu mengambil sampel dari kelas
yang mendapat mata pelajaran Kewirausahaan. Hasil analisa yang didapat dengan
menggunakan teknik analisa regresi berganda y=37,436+3,162 X1+8,002 X2.
Berdasarkan t hitung, konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar
3,176 dengan signifikansi t sebesar 0,02. Sedangkan t hitung kepercayaan diri
6,413 dengan signifikansi t 0,00. Hasil signifikansi dari X1 dan X2 sama-sama
dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2, baik secara parsial
maupun simultan berpengaruh terhadap Y